Dalam kegiatan mendesain dan mengembangkan produk di tiket.com, diterapkan banyak
metode dan teknik sesuai dengan keahlian masing-masing karyawannya. Proses yang
menyelaraskan seluruh alur kerja dari masing-masing individu adalah melalui metode
participatory design atau desain partisipatif di mana dalam sebuah kelompok atau
organisasi, penggabungan metode desain dan ilmu sosial memungkinkan para pelakunya
untuk berkolaborasi dalam menjalankan sebuah proyek desain. Sebagaimana Miller
(2017) menyebutkan proses desain partisipatif juga dapat mendorong sebuah proses
desain sebagai proses designing with, not designing for. Untuk melanggengkan desain
partisipatif pada divisi ini, diperlukan dinamika serta komunikasi yang sesuai agar alur
kerja proyek menjadi lancar, tidak hanya bagi pengguna, namun bagi para pelaku desain
itu sendiri. Tulisan ini berfokus pada bagaimana proses korespondensi (correspondence)
yang melibatkan penulis sebagai salah satu pelaku desain berada di tengah komunitas
tiketdesign dapat mengalami serta memahami korespondensi dan prinsipnya yang
tergambar pada proses kerja (mendesain dan mengembangkan produk digital sebagai user experience researcher) sebagai bentuk kebiasaan, kepedulian, dan berkehidupan.
Deskripsi Lengkap