Budaya populer Thailand semakin berkembang seiring dengan meningkatnya antusiasme
publik terhadap industri entertainment Thailand. Perkembangan ini membentuk suatu
kolektif penggemar yang kemudian mendefinisikan dirinya sebagai "Thai Enthusiast".
Penelitian ini menganalisis perkembangan fandom digital dan budaya penggemar "Thai
Enthusiast" di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode etnografi
digital atau netnografi, meliputi wawancara mendalam secara daring dan observasi
partisipan secara digital di media sosial. Hasil temuan dalam penelitian ini menunjukkan
bahwa budaya populer Thailand di Indonesia mulai berkembang pesat terutama semenjak
pandemi. Perkembangan ini membawa hadirnya ragam budaya penggemar yang
direpresentasikan melalui berbagai praktik penggemar dalam ruang-ruang digital. Dalam
aktivitasnya, setiap penggemar saling berbagi perspektif dan berbagi makna dalam mengekspresikan relasi emosional dengan idola dan mengkonseptualisasikan nilai tentang fandom digitalnya.
Deskripsi Lengkap