Deskripsi Lengkap

PengarangZahrah Izzaturrahim
JudulPerempuan, Wacana Pembangunan, dan Pertarungan Gagasan tentang Sekolah Perempuan: Kajian tentang Sebuah Program Pemberdayaan Perempuan yang Dikembangkan Pemerintah Daerah di Sebuah Provinsi
Pembimbing/SupervisorMia Siscawati, S.Hut., M.A., M.A., Ph.D.
Bahasa UtamaInd
AbstrakTingginya jumlah penduduk perempuan tidak diikuti dengan keberdayaan perempuan, salah satunya ditunjukkan dengan rendahnya peran perempuan di sektor publik. Artinya perhatian terhadap masalah-masalah yang berkaitan dengan perempuan sebenarnya masih kurang sehingga mengindikasikan perlunya peningkatan peran perempuan dalam pembangunan dan kapabilitasnya. Sekolah perempuan merupakan salah satu upaya yang mulanya digagas para aktivis untuk melakukan pemberdayaan terhadap perempuan melalui pendidikan kritis dilevel grass root. Seiring berjalannya waktu, negara (dalam konteks ini pemerintah daerah) mulai mengadaptasi gagasan tersebut ke dalam wacana pembangunan, seperti yang dilakukan oleh pemerintah daerah di sebuah provinsi di Indonesia, dalam penelitian ini disebut Provinsi Arua, dengan program sekolah perempuan guna mewujudkan keadilan gender dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, dan bernegara. Konsep sekolah perempuan kemudian dilihat sangat strategis untuk dapat mengatasi berbagai permasalahan sosial. Penelitian ini memuat analisis terhadap proses merancang program tersebut oleh pihak pemerintah dengan menelusuri perspektif para wali masyarakat sebagai pihak yang terlibat langsung dalam perancangan program tersebut sejak awal.
Jenis BahanTesis
Kode BahasaInd
No. Induk0005-2023/ETS-ANT
Catatan Umum
No. Barkod0005-2023/ETS-ANT
Kata Kuncinonformal education for women, women and development, gender, anthropology and development
Kota Terbit
Tahun
SubjekSekolah perempuan, perempuan dan pembangunan, gender, antropologi pembangunan
Tahun Buka Akses
Catatan Bibliografi
Penerbit
PemilikJKUNINDFISIPUI
Pembatasan Akses
LokasiFakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Catatan Disertasi
Akses dan Lokasi ElektronikMiriam Budiardjo Resource Center
Sumber KoleksiMahasiswa
Deskripsi Fisik
Catatan Bahasa
No. Panggil0005-2023/ETS-ANT Zah p
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
0005-2023/ETS-ANT Zah p 0005-2023/ETS-ANT TERSEDIA
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 79236
Sampul
Abstrak
Tingginya jumlah penduduk perempuan tidak diikuti dengan keberdayaan perempuan, salah satunya ditunjukkan dengan rendahnya peran perempuan di sektor publik. Artinya perhatian terhadap masalah-masalah yang berkaitan dengan perempuan sebenarnya masih kurang sehingga mengindikasikan perlunya peningkatan peran perempuan dalam pembangunan dan kapabilitasnya. Sekolah perempuan merupakan salah satu upaya yang mulanya digagas para aktivis untuk melakukan pemberdayaan terhadap perempuan melalui pendidikan kritis dilevel grass root. Seiring berjalannya waktu, negara (dalam konteks ini pemerintah daerah) mulai mengadaptasi gagasan tersebut ke dalam wacana pembangunan, seperti yang dilakukan oleh pemerintah daerah di sebuah provinsi di Indonesia, dalam penelitian ini disebut Provinsi Arua, dengan program sekolah perempuan guna mewujudkan keadilan gender dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, dan bernegara. Konsep sekolah perempuan kemudian dilihat sangat strategis untuk dapat mengatasi berbagai permasalahan sosial. Penelitian ini memuat analisis terhadap proses merancang program tersebut oleh pihak pemerintah dengan menelusuri perspektif para wali masyarakat sebagai pihak yang terlibat langsung dalam perancangan program tersebut sejak awal.