Perkembangan teknologi menawarkan kemudahan dalam sistem pembayaran berupa digital
payments dengan bentuk dompet elektronik (e-wallet), salah satunya dikembangkan oleh PT
Visionet Internasional atau OVO. Kehadiran OVO sebagai e-wallet semakin dibutuhkan untuk
meminimalisir kontak fisik semenjak pandemi COVID-19 sehingga pembayaran tanpa uang tunai
sering digunakan. OVO juga membuka kesempatan mahasiswa untuk melakukan magang sebagai
bentuk pembelajaran secara langsung di perusahaan. Proses menjadi pemagang maupun karyawan
baru perlu melewati beberapa tahapan mulai dari awal pendaftaran, onboarding hingga on job
training. Pemagang perlu mengenal lingkungan baru sekaligus menguasai beberapa kemampuan
yang masih asing dengan cara adaptasi hingga mencapai resiliensi individu. Metode penelitian
auto-etnografi dimanfaatkan untuk melihat lebih jauh usaha dalam melakukan adaptasi hingga
tercapai resiliensi individu bagi mahasiswa magang pada PT Visionet Internasional (OVO) ketika
masa onboarding dan on job training. Hasilnya untuk mencapai resiliensi individu membutuhkan
waktu dan usaha dari kedua belah pihak yaitu karyawan dan perusahaan. Perusahaan melalui Tim
People and Organizational Development dan Tim Talent Acquisition berusaha memberikan
berbagai pendekatan dalam onboarding process agar pemagang dapat mudah adaptasi dengan
lingkungan baru, job desc, dan pemimpin. Pemagang melalui berbagai interaksi sosial, adaptasi,
dan coping mechanism juga berusaha untuk segera menguasai job desc dalam on job training.
Oleh karena itu, keberhasilan pemagang untuk bisa mencapai resiliensi individu membutuhkan kerjasama dari perusahaan yang menawarkan berbagai kegiatan maupun fasilitas dan dari diri pemagang mempunyai kemauan untuk beradaptasi melalui berbagai interkasi sosial yang terjadi.
Deskripsi Lengkap