Deskripsi Lengkap

PengarangZefanya Rachelda
JudulModal Sosial dalam Tindakan Ekonomi: Relasi Sosial, Kepercayaan, dan Resiprositas Sebagai Instrumen Utama dalam UMKM Digital
Pembimbing/SupervisorIman Fachruliansyah, S.Sos. M.Si
Bahasa UtamaInd
AbstrakImplementasi digital dalam bisnis memunculkan adanya peluang, tantangan, dan aktivitas baru dalam pelaksanaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemanfaatan modal sosial sebagai instrumen utama dalam menjalankan aktivitas bisnis UMKM yang berada di lingkup digital melalui sudut pandang antropologis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi untuk memberikan deskripsi mengenai peran relasi sosial, kepercayaan, dan resiprositas dalam berbagai tahapan bisnis dan dinamika yang muncul antarpihak. Keberadaan modal sosial dalam UMKM digital mengimplikasikan adanya signifikansi aspek sosial dalam aktivitas ekonomi digital, sekaligus dinamika yang muncul antara pelaku usaha dengan relasi sosial yang dimilikinya dalam memanfaatkan modal sosial.
Jenis BahanSkripsi
Kode BahasaInd
No. Induk0125-2021/ESK-ANT
Catatan Umum
No. Barkod0125-2021/ESK-ANT
Kata KunciDigital Business, Small-Micro Enterprise, Social Capital, Social Relation, Reciprocity, Trust.
Kota TerbitDepok
Tahun2021
SubjekBisnis Digital, Kepercayaan, Modal Sosial, Relasi Sosial, Resiprositas, UMKM.
Tahun Buka Akses
Catatan Bibliografi
Penerbit
PemilikJKUNINDFISIPUI
Pembatasan Akses
LokasiFakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Catatan Disertasi
Akses dan Lokasi ElektronikMiriam Budiardjo Resource Center
Sumber KoleksiMahasiswa
Deskripsi Fisik
Catatan Bahasa
No. Panggil0125-2021/ESK-ANT Zef m
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
0125-2021/ESK-ANT Zef m 0125-2021/ESK-ANT TERSEDIA
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 79256
Sampul
Abstrak
Implementasi digital dalam bisnis memunculkan adanya peluang, tantangan, dan aktivitas baru dalam pelaksanaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pemanfaatan modal sosial sebagai instrumen utama dalam menjalankan aktivitas bisnis UMKM yang berada di lingkup digital melalui sudut pandang antropologis. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan etnografi untuk memberikan deskripsi mengenai peran relasi sosial, kepercayaan, dan resiprositas dalam berbagai tahapan bisnis dan dinamika yang muncul antarpihak. Keberadaan modal sosial dalam UMKM digital mengimplikasikan adanya signifikansi aspek sosial dalam aktivitas ekonomi digital, sekaligus dinamika yang muncul antara pelaku usaha dengan relasi sosial yang dimilikinya dalam memanfaatkan modal sosial.