Deskripsi Lengkap

Tesis
No. Panggil 0006-2023/ETS-KESOS Ira c
Judul Civic Engagement Perusahaan di Masa Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) di Rumah Sakit Jantung dan Pembuluh Darah Harapan Kita Sebagai Corporate Social Responsibility Bank
Pengarang Ira Kumala Sari
Penerbit dan Distribusi
Subjek Civic engagement, corporate social responsibility, pandemi Covid-19
Kata Kunci Civic engagement, Corporate social responsibility, Covid-19 pandemic
Lokasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
0006-2023/ETS-KESOS Ira c 0006-2023/ETS-KESOS TERSEDIA
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 79285
Sampul
Abstrak
Studi ini memberikan gambaran tentang keterlibatan dunia usaha dalam pemecahan masalah yang mencakup kehidupan masyarakat secara luas. Corak keterlibatan dunia usaha telah bergerak dari lingkup kegiatan CSR yang terbatas lingkupnya, menjadi kegiatan yang mencakup urusan dan isu publik, dalam hal ini penanggulangan pandemic Covid-19 yang melanda Indonesia sejak 2020. Penelitian ini menggunakan konsep civic engagement untuk menjelaskan perluasan manifestasi CSR khususnya dunia usaha sebagai warga Negara. Bank Mandiri telah berperan untuk merespons jatuhnya korban Covid-19 dari pihak dokter dan nakes yang meninggal dunia dan kurangnya APD bagi bara dokter dan nakes. Situasi krisis penanganan Covid-19 memerlukan keterlibatan dari seluruh warga negara termasuk dari kalangan dunia usaha. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan non-probability sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam penanganan Covid-19-19, Bank Mandiri telah menunjukan civic engagement dengan bersinergi dengan kebijakan pemerintah untuk menyelesaikan isu yang terjadi selama pandemi. Tujuan keseluruhan dari civic engagement harus berkontribusi pada strategi pembangunan nasional dalam jangka panjang. Bank Mandiri dengan program CSR Covid-19 dinilai telah memenuhi unsur civic engagement. Namun, dalam pelaksanaanya pemberian CSR Covid-19 dari Bank Mandiri tersebut belum sepenuhnya memenuhi tujuan civic engagement karena bantuan-bantuan tersebut hanya diberikan satu kali dan belum ada program CSR Covid-19 yang berkelanjutan.