Deskripsi Lengkap

Tesis
No. Panggil 0007-2023/ETS-KESOS Her s
Judul Strategi Adaptasi UMKM Pasar Bengkel terhadap Pembangunan Infrastruktur Jalan Tol Mktt Provinsi Sumatera Utara
Pengarang Herry Wilson ButarButar
Penerbit dan Distribusi
Subjek Strategi Adaptasi, UMKM Pasar Bengkel, Jalan Tol MKTT
Kata Kunci Adaptation Strategy, Pasar Bengkel MSME, MKTT Toll Road
Lokasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
0007-2023/ETS-KESOS Her s 0007-2023/ETS-KESOS TERSEDIA
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 79286
Sampul
Abstrak
Tesis ini bertujuan untuk mengetahui kondisi pelaku UMKM Pasar Bengkel pasca pembangunan jalan tol MKTT yang memberikan pengaruh yang kurang menguntungkan pada pelaku UMKM Kabupaten Serdang Bedagai seperti penuruan pendapatan yang berujung banyaknya yang memilih menutup usahanya. Selain itu untuk mengetahui strategi adaptasi pelaku UMKM Pasar Bengkel untuk dapat bertahan pasca pembangunan jalan tol MKTT. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berasal dari UMKM Pasar Bengkel, Dinas Perdagangan dan Perindustrian Serdang Bedagai, Kecaamatan Perbaugan dan Masyarakat. Adapun hasil dalam penelitian ini adalah kondisi pasar bengkel sebelum beroperasinya jalan tol MKTT pada tahun 2017 menunjukkan banyaknya kunjungan baik dari wisatawan maupun masayarakat yang berpergian antar kabupaten, namun pasca beroperasinya jalan tol MKTT, Pasar Bengkel semakin sepi disebabkan peralihan masyarakat menggunakan jalan tol dan adanya fasilitas rest area yang akhirnya masayarakat lebih memilih untuk beristirahat pada rest area tersebut. Kondisi lainya yang terjadi adalah terjadinya penuruan pendapatan yang berujung banyaknya UMKM yang memilih menutup usahanya, pemberhentian karyawan, penurunan daya beli masyarakat, kesulitan dalam pemenuhan kebutuhan. Dalam merespon kondisi yang terjadi pasca beroperasinya jalan tol MKTT terdapat empat strategi adaptasi yang dilakukan UMKM Pasar Bengkel untuk dapat bertahan dan meningkatkan usahanya, keempat strategi adaptasi tersebut adalah pemanfaatan pemasaran digital, diversifikasi pekerjaan, meminimalisir pengeluaran, dan pemanfaatan jaringan sosial.