Deskripsi Lengkap

Tesis
No. Panggil 0007-2023/ETS-KOM Adi w
Judul Wacana Pembaruan Organisasi Pemerintah pada Krisis Covid 19: Studi Komunikasi Krisis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif pada Awal Kenormalan Baru hingga Pergantian Menteri
Pengarang Adi Utomo
Penerbit dan Distribusi
Subjek Krisis, komunikasi krisis, discourse of renewal
Kata Kunci Crisis, crisis communication, discourse of renewal
Lokasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
0007-2023/ETS-KOM Adi w 0007-2023/ETS-KOM TERSEDIA
File Digital
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 79304
Sampul
Abstrak
Tesis ini membahas komunikasi krisis yang dilakukan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) pada krisis COVID-19, yang dimulai dari awal masa kenormalan baru hingga terjadi pergantian Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif berbasis studi kasus yang menggunakan pendekatan teori komunikasi krisis discourse of renewal. Dengan menganalisis komunikasi krisis Kemenparekraf, penelitian ini juga melakukan analisis terhadap teori discourse of renewal. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa seluruh karakteristik discourse of renewal terdapat pada komunikasi krisis Kemenparekraf sehingga dapat memberikan masukan dan rekomendasi bagi pengembangan teori discourse of renewal yang pada awalnya menyatakan bahwa hanya organisasi swasta dan terdampak secara fisik yang dapat menerapkan pembaruan. Selain itu, hasil dari penelitian ini juga menawarkan kata kunci dalam menemukan karakteristik discourse of renewal pada pesan komunikasi krisis.