Penelitian ini bertujuan untuk membahas terkait pengaruh social media marketing dan
emotional branding pada Instagram @madformakeup.co terhadap loyalitas merek melalui
mediasi keterlibatan pelanggan. Penelitian ini merupakan penelitian dengan paradigma
positivistik dengan pendekatan kuantitatif. Responden pada penelitian ini adalah pengikut
akun Instagram @madformakeup.co sebanyak 207 sampel. Teknik analisis data dilakukan
dengan analisis data deskriptif dan analisis jalur untuk membuktikan hipotesis-hipotesis
dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel social media marketing
memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel loyalitas merek secara langsung dalam
konteks Instagram @madformakeup.co. Variabel social media marketing juga memiliki
pengaruh signifikan terhadap variabel loyalitas merek melalui mediasi keterlibatan
pelanggan. Variabel emotional branding tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap
variabel loyalitas merek secara langsung, namun variabel ini berpengaruh secara signifikan
terhadap variabel loyalitas merek melalui mediasi keterlibatan pelanggan. Maka, variabel
keterlibatan pelanggan mampu memberikan mediasi bagi variabel social media marketing
dan emotional branding dalam mempengaruhi loyalitas merek secara signifikan pada
Instagram @madformakeup.co. Penelitian ini diharapkan dapat membantu para manajer
pemasaran khususnya di bidang industri kosmetik untuk mengoptimalkan strategi
komunikasi pemasaran di media sosial dengan menggunakan pendekatan yang bersifat
emosional terhadap pelanggannya untuk mendorong peningkatan loyalitas merek.
Deskripsi Lengkap