Deskripsi Lengkap

Tesis
No. Panggil 0016-2021/ETS-HI Ush s
Judul Strategi Cooperate Korea Selatan Dalam Menghadapi Dilema Aliansi Dengan Amerika Serikat Pada Masa Pemerintahan Presiden Donald Trump (2017-2021)
Pengarang Ushwatul Jannah
Penerbit dan Distribusi 2021
Subjek Strategi Cooperate, Dilema Aliansi, Dilema Keamanan Aliansi, Abandonment, Negara Patron, Possible of Consequences, Determinant of Choices, Amerika Serikat, Korea Selatan.
Kata Kunci Cooperative Strategy, Alliance Dilemma, Alliance Security Dilemma, Abandonment, Patron State, Possible of Consequences, Determinant of Choices, the United States, South Korea
Lokasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
0016-2021/ETS-HI Ush s 0016-2021/ETS-HI TERSEDIA
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 79366
Sampul
Abstrak
Tulisan ini menjelaskan tentang mengapa suatu negara tetap mempertahankan kerangka aliansi dengan negara lain, terlepas dari perlakuan negara tersebut yang cenderung menjatuhkan negara aliansinya. Analisis dalam tesis ini menggunakan teori dilema keamanan aliansi dari Snyder untuk menjelaskan alasan mengapa Korea Selatan memilih untuk menggunakan strategi cooperate dalam menghadapi dilema aliansi dengan Amerika Serikat dibawah masa pemerintahan Presiden Donald Trump tahun 2017 ? 2021. Hasil dari penelitian yang menggunakan kualitatif ? deskriptif ini menunjukkan bahwa pilihan Korea Selatan menggunakan strategi cooperate tersebut adalah untuk menghindari konsekuensi diabaikan (abandonment) oleh Amerika Serikat, sekutunya yang merupakan negara patron (pelindung). Penggunaan strategi cooperate ini selanjutnya di jelaskan dalam tesis ini karena dipengaruhi oleh 2 faktor penentu yaitu faktor possible of consequences dan faktor determinant of choices. Berdasarkan kedua sudut pandang faktor tersebut, Korea Selatan mempertahankan aliansi dengan Amerika Serikat selain karena takut akan risiko ditinggalkan, yaitu faktor kergantungan, kepentingan strategis, kejelasan kesepakatan dalam aliansi, serta tingkat kepentingan sekutu juga merupakan alasan Korea Selatan untuk mempertahankan aliansi dengan Amerika Serikat.