Penelitian ini membahas mengenai strategi Perangkat Daerah untuk meningkatkan
partisipasi anak dalam perencanaan pembangunan melalui Forum Anak di tingkat kota
(studi deskriptif pada Kota Administrasi Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta) dan
hambatan yang terdapat pada program tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan
yaitu studi literatur, wawancara mendalam, observasi partisipatif serta dokumen. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima tahapan yang dilakukan oleh Perangkat
daerah sebagai strategi pengembangan komunitas yaitu tahap persiapan dengan
menentukan kriteria, melakukan penyebarluasan informasi, pengkaderan forum anak,
pembentukan dan pengukuhan forum anak serta peningkatan kapasitas. Tahap kedua
yaitu tahap pengkajian dengan analisis SWOT dan analisis problem tree. Selanjutnya,
tahap perencanaan dengan penyusunan matriks stakeholder serta penyusunan prioritas
masalah dan program. Tahap formulasi rencana aksi serta terakhir pelaksanaan dengan
melewati proses pra msurenbang dan msurenbang. Selanjutnya, dalam lima tahapan yang
dilakukan oleh perangkat daerah tersebut sebagai strategi pengembangan dengan
mengolaborasikan pendekatan direktif dan pendekatan non direktif. Kendala berasal dari
kepribadian antara lain yaitu kestabilan (homeostasis) dan kebiasaan (habit). Sedangkan
faktor kendala yang berasal dari sistem sosial yaitu kesatuan dan kepaduan sistem serta
budaya (systemic and cultural coherence), intervensi kelompok kepentingan (vested interests), dan penolakan terhadap orang luar (rejection of outsiders).
Deskripsi Lengkap