Skripsi ini tentang dukungan sosial yang diberikan oleh layanan bimbingan dan konseling
kepada anak lamban belajar dan sejauh mana dapat membantu penyesuaian anak lamban
belajar di sekolah yang dibahas dari disiplin ilmu kesejahteraan sosial. Penelitian ini
dilatarbelakangi oleh kebutuhan sosial anak untuk berinteraksi dan berkomunikasi
dengan individu lain dan lingkungannya sejalan dengan kemampuan penyesuaian
sosialnya. Tetapi terdapat beberapa anak yang memiliki hambatan dalam penyesuaian
sosial di sekolah, salah satunya anak lamban belajar. Penelitian ini dilakukan di SMP
Negeri 161 Jakarta dengan pendekatan kualitatif dan tujuan deskriptif. Pengumpulan data
dilakukan dengan teknik wawancara mendalam dengan tujuh orang informan dalam
rentan waktu penelitian sejak bulan Oktober 2021 sampai Juni 2022. Hasil penelitian
menunjukkan layanan bimbingan dan konseling telah memberikan dua bentuk dukungan
sosial pada anak lamban belajar di SMP Negeri 161 Jakarta yaitu instrumental support
yang terdiri dari reliable alliance, guidance, dan emotional support yang terdiri dari
attachment, reassurance of worth, social integration, dan opportunity to provide
nurturance. Adapun hambatan yang dihadapi oleh layanan bimbingan dan konseling
dalam memberikan dukungan sosial adalah sikap diam anak dan pembelajaran dengan
metode online. Dengan dukungan sosial yang diberikan membantu penyesuaian sosial
anak lamban belajar berupa terdapat peningkatan kepercayaan diri anak lamban belajar
sehingga berpengaruh pada penampilan nyata, penyesuaian diri dalam kelompok, sikap
sosial, dan kepuasan pribadi anak lamban belajar. Tetapi peningkatan kemampuan
penyesuaian sosial berbeda pada setiap peserta didik tergantung pada kondisi lamban
belajar. Penelitian ini memberikan sumbangsih bagi mata kuliah tingkah laku manusia
terkait materi life span dan tugas perkembangan sosial anak dan mata kuliah
kesejahteraan anak terkait materi anak dalam kebijakan dan perlindungan anak khususnya
anak berkebutuhan khusus pada program studi ilmu kesejahteraan sosial. Serta memberikan gambaran dan ragam contoh layanan bimbingan dan konseling sekolah lain
dalam pemberian dukungan sosial pada anak lamban belajar dalam penyesuaian sosial.
Deskripsi Lengkap