Deskripsi Lengkap

Skripsi
No. Panggil : 0028-2021/ESK-KESOS Jih p
Judul : Peran Modal Sosial Bagi Keberlangsungan Umkm Dimasa Pandemi Covid-19
Pengarang : Jihan Ghina Sabillah
Strata :
Pembimbing : Dr. Ety Rahayu, M.Si.
Fakultas :
Tahun : 2021
Open/Membership :
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
0028-2021/ESK-KESOS Jih p 0028-2021/ESK-KESOS TERSEDIA
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 79396
Sampul
Abstrak
Tugas karya akhir ini membahas mengenai peran modal sosial bagi keberlangsungan UMKM di masa pandemi Covid-19 dilihat dari disiplin Ilmu Kesejahteraan Sosial. Adapun hal ini memiliki latar belakang oleh sebuah kondisi pandemi Covid-19 yang berdampak kepada menurunnya tingkat daya beli masyarakat akibat kebijakan pembatasan mobilitas masyarakat. Para pelaku UMKM kemudian mengalami penurunan omzet karena tingginya kerentanan dan minimnya ketahanan terhadap sumber daya yang tersedia. Sebagaimana kondisi tersebut mengakibatkan perekonomian Indonesia memburuk. Untuk itu, berbagai pengembangan perlu kembali ditingkatkan dan hambatan-hambatan yang ditimbulkan dari pandemi Covid-19 perlu segera diatasi dalam membantu kesejahteraan para pelaku UMKM. Penelitian ini mendeskripsikan peran modal sosial dalam Usaha Mikro Kecil dan Menengah yang berperan penting ditengah keterbatasan modal finansial dan modal manusia di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan pustaka, dimana peneliti memperoleh data melalui berbagai sumber literatur, seperti jurnal, buku, laporan terkait, kutipan artikel, dan lain sebagainya. Hal ini ditujukan agar peneliti dapat menjangkau berbagai data dan kasus secara lebih luas. Hasil kajian yang didapatkan peneliti menunjukan bahwa para pelaku UMKM memiliki modal sosial yang terbangun dalam jaringan dengan keluarga, tetangga, pegawai, pemasok, antar pedagang, warga sekitar, dan kelompok RT/RW. Jaringan tersebut kemudian dilandasi dengan adanya rasa saling percaya yang ditopang oleh norma-norma. Unsur modal sosial yang dimiliki pelaku UMKM mendorong mereka dalam mempertahankan keberlangsungan usaha karena dapat meningkatkan kerjasama dengan memanfaatkan relasi sosial yang telah mereka bangun sebelumnya sehingga dapat meningkatkan kemampuan ekonomi dari pelaku usaha. Penelitian ini juga menemukan tiga bentuk modal sosial, yakni bonding, bridging, dan linking yang menjadi bentuk kekuatan modal sosial yang mereka miliki. Dengan begitu, modal sosial mampu membantu para pelaku UMKM untuk bangkit dari keterpurukan akibat dampak yang ditimbulkan dari pandemi Covid-19.