Ketergantungan seseorang pada media sosial dapat secara signifikan meningkatkan risiko
pengambilan keputusan keuangan yang buruk, termasuk pada investor saham yang
bergantung pada Instagram dalam pengambilan keputusan keuangan tanpa dibersamai
dengan analisis yang mendalam. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki faktor-faktor
apa saja yang memiliki hubungan dengan ketergantungan investor pada Instagram dalam
pengambilan keputusan investasi saham di BEI. Sebanyak 172 responden dalam
penelitian ini dipilih dengan menggunakan accidental sampling dengan kriteria investor
saham dan mengikuti akun Instagram yang berkaitan dengan saham. Uji Chi Square dan
uji Rank Spearman dilakukan untuk mengetahui pengaruh masing-masing faktor terhadap
ketergantungan Instagram dalam pengambilan keputusan keuangan di BEI. Jenis
kelamin, generasi, tingkat pendidikan, cognitive style, gullibility, literasi digital, dan
literasi keuangan memiliki hubungan yang signifikan, sementara jenis pekerjaan dan
pendapatan tidak memiliki hubungan yang signifikan terhadap ketergantungan investor
pada Instagram untuk pengambilan keputusan investasi saham di BEI.
Deskripsi Lengkap