Penelitian ini membahas terkait pelaksanaan model layanan employee assistance
program (EAP) yang dilakukan oleh PT XYZ sebagai penyedia jasa layanan EAP bagi
pekerja pada perusahaan. Urgensi dari dilakukannya penelitian ini berangkat dari adanya
peningkatan yang signifikan atas jumlah pekerja dan masalah pekerja yang tidak diikuti
oleh peningkatan jumlah layanan EAP guna membantu pekerja di dalam mengatasi
masalah dan meningkatkan kesejahteraannya. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian kualitatif jenis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui studi literatur
dan wawancara mendalam bersama 1 orang manajer EAP, 1 orang konsultan EAP, 3
orang psikolog EAP, dan 1 orang Business Operations. Pemilihan informan dilakukan
dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam
melaksanakan layanan EAP, PT XYZ telah memenuhi lima belas dari enam belas elemen
dari model komprehensif, yang terdiri dari desain, orientasi, prinsip, fungsi, objektif,
konsep, intervensi, layanan, lingkup, kontak awal, klien, pencegahan, staffing, perspektif,
dan komitmen. Dalam hal ini, elemen staffing terkait penyediaan tim disipliner yang
melibatkan pekerja sosial industri belum terwujud dalam layanan EAP PT XYZ. Di
samping itu, masih dibutuhkan perhatian khusus pada elemen fungsi, terkhusus fungsi
pelatihan supervisor bagi pekerja di level manajerial yang berada di perusahaan-
perusahaan, yang masih belum dijalankan oleh PT XYZ. Faktor pendukung yang
memengaruhi pelaksanaan model layanan EAP terdiri dari adanya kesamaan pemahaman
di antara perusahaan dan penyedia jasa, masalah dan kebutuhan yang disadari oleh
perusahaan, adanya hubungan internal yang baik di antara perusahaan dan pekerja,
kondisi pekerja yang masih dapat berfungsi dengan baik, dan sikap kooperatif dari pekerja.
Sedangkan, faktor penghambat dari pelaksanaan model layanan EAP terdiri dari
ekspektasi perusahaan yang tidak sejalan dengan prosedur layanan EAP, adanya
pandangan bahwa EAP bukan tanggung jawab perusahaan, dan kurangnya pemahaman
pekerja atas layanan EAP. Layanan EAP merupakan salah satu bentuk model intervensi
yang dilakukan oleh pekerja sosial dalam sektor industri. Kehadiran dan pengembangan
layanan EAP ini menjadi bentuk kontribusi dari ilmu kesejahteraan sosial pada sektor
industri dalam meningkatkan kesejahteraan pekerja. Hasil dari penelitian ini diharapkan
dapat memberikan sumbangsih bagi program studi Ilmu Kesejahteraan Sosial, khususnya pada mata kuliah Kesejahteraan Sosial dalam Sektor Industri.
Deskripsi Lengkap