Program pelatihan guru Indonesia Teaching Fellowship (ITF) oleh Ruangguru dan
BAKTI Kominfo adalah wujud kontribusi sektor swasta dan pemerintah dalam
meningkatkan kualitas pendidikan, salah satunya di Kabupaten Sorong, Papua Barat.
Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa dampak dari program tersebut
melalui metode Social Return on Investment (SROI). Penelitian menggunakan
pendekatan kualitatif dengan informan yang terlibat adalah perwakilan Ruangguru dan
BAKTI Kominfo, Dinas Pendidikan Kabupaten Sorong, dan perwakilan guru peserta ITF
di Kabupaten Sorong. Program ITF di Kabupaten Sorong menyasar pada 3 aspek utama
yaitu pedagogik, kepribadian, dan sosial. Untuk meningkatkan kemampuan pedagogik,
program ITF menyajikan modul belajar melalui aplikasi Ruangguru serta diskusi bersama
fasilitator secara daring; untuk meningkatkan kepribadian guru, program ITF menyajikan
pelatihan motivasi dan kepribadian guru oleh trainer, seri webinar psikologis, dan layanan
konseling; dan untuk meningkatkan kemampuan sosial, program ITF melaksanakan
pendampingan sosial secara terstruktur secara luring, kegiatan ini melahirkan guru yang
siap terjun ke komunitasnya sehingga dapat memperluas dampak program ITF di
Kabupaten Sorong. Berdasarkan studi penilaian dampak dari program ITF diperoleh
SROI Ratio sebesar 1:2,62 artinya setiap investasi Rp1,- memperoleh dampak atau
manfaat senilai Rp2,62,-. Analisa dampak melalui metode SROI dibutuhkan demi adanya keberlanjutan program ITF di waktu mendatang.
Deskripsi Lengkap