Deskripsi Lengkap

Tesis
No. Panggil 0004-2023/ETS-SOS Lup g
Judul Gaya Hidup Konsumtif terhadap Trend Fashion melalui Belanja Online Dikalangan Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Bengkulu)
Pengarang Lupita Sari
Penerbit dan Distribusi
Subjek Gaya Hidup konsumtif, Fashion, Belanja Online
Kata Kunci Consumptive Lifestyle, Fashion, Online Shopping
Lokasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
0004-2023/ETS-SOS Lup g 0004-2023/ETS-SOS TERSEDIA
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 79456
Sampul
Abstrak
Penelitian ini membahas mengenai perilaku konsumtif mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bengkulu dalam berbelanja fashion (baju, sepatu, dll) yang dijadikan sebagai gaya hidup. Tujuan penelitian ini merupakan salah satu bentuk analisis hubungan gaya hidup konsumtif mahasiswa mengikuti trend fashion belanja online sebagai cara dalam membangun citra diri dalam lingkungan kampus. Landasan teori yang digunakan adalah pemikiran Jean Baudrillard tentang konsumsi, nilai guna dan nilai tanda, serta hipperealitas untuk menganalisis gaya hidup konsumtif mahasiswa mengikuti trand fashion. Metodelogi yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan fenomenalogi dengan objek utama penelitian 7 Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bengkulu. Sementara itu dalam studi sebelumnya kajian gaya hidup konsumtif lebih berfokus pola hidup dan perilaku konsumtifnya, namun studi ini mencoba menjelaskan gaya hidup konsumtif melalui analisis Baudrillard menganai nilai tanda dan kode dalam trand fashion dikalangan mahasiswa. Hasil penelitian pada studi ini adalah mahasiswa sangat peduli pada penampilan, dengan cara mengkonsumsi barang-barang yang mewah dan bermerek karena ingin berpenampilan sesuai dengan perekambangan zaman dan tidak mau kalah dengan teman-teman. Sehingga mahasiswa selalu berperilaku konsumtif untuk memenuhi trand fashion yang sedang berlaku. Namun pada kenyataannya perilaku konsumtif mahasiswa merupakan realitas palsu yang di butakan oleh trand fashion. Dimana citra dan kode dari barang mewah dan bermerek dalam sebuah brand fashion sebagai pengontrol pikiran mahasiswa untuk berperilaku konsumtif.