Deskripsi Lengkap

Tesis
No. Panggil 0007-2023/ETS-SOS Syi r
Judul Reputation Generating Power Sebagai Mekanisme Pembentukan Confidence pada Market From Meaning Model Untuk Produk Aromaterapi di Indonesia.?
Pengarang Syifa Andini Salsabila
Penerbit dan Distribusi
Subjek Aromaterapi, Confidence Building, Reputation Generating Power, Text Network Analysis, The Market From Meaning Model
Kata Kunci Aromatherapy, Confidence Building, Reputation Generating Power, Text Network Analysis, The Market From Meaning Model
Lokasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
0007-2023/ETS-SOS Syi r 0007-2023/ETS-SOS TERSEDIA
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 79461
Sampul
Abstrak
Tesis ini menjelaskan proses pembentukan confidence pada aromaterapi sebagai salah satu produk turunan dari minyak atsiri, sebagai salah satu bahan baku penting dari pembuatan jamu kosmetik di Indonesia. Permasalahan utama pada pasar aromaterapi yang terbuat dari minyak atsiri adalah harganya yang selalu mengalami fluktuasi dan kesulitan dalam proses asesmen kualitas produknya. Berbeda dengan literatur sebelumnya yang melihat masalah harga dan kualitas aromaterapi yang terbuat dari minyak atsiri dari sisi penawaran (supply) dan nilai materialnya, tulisan ini melihat masalah harga dan proses asesmen kualitas dalam konteks The Market From Meaning Model milik Jens Beckert dari sisi permintaan (demand). Untuk mengurangi ketidakpastian dalam pasar, dapat dilakukan mekanisme institusionalisasi yang nantinya akan membentuk confidence pada produk aromaterapi sebagai salah satu produk turunan dari minyak atsiri. Terdapat tiga proses institusionalisasi yakni reputation generating power, convention ?how to? rules, dan perangkat kalkulatif (calculative devices). Penelitian ini akan berfokus pada salah satu mekanisme institusionalisasi yakni reputation generating power. Aktor yang memiliki reputasi di pasar aromaterapi memiliki peran dalam mengurangi ketidakpastian pasar yakni melalui mekanisme reputation generating power. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang didukung oleh data sekunder dan data digital menggunakan metode text network analysis (TNA). Metode text network analysis ini didukung oleh aplikasi Gephi dan WordIJ bertujuan untuk mengidentifikasi narasi di pasar aromaterapi di Indonesia. Penelitian ini diharapkan dapat berkontribusi pada teori Sosiologi Pasar, khususnya memperkuat studi Jens Beckert dengan menggunakan data digital untuk melihat narasi pembangunan confidence pada komoditi aromaterapi. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktor bereputasi dapat membangun confidence essential oil aromaterapi. Reputasi yang dibagun oleh aktor-aktor di pasar ini pada akhirnya dapat membentuk power yang akan menjaga reputasi dari minyak atsiri, khususnya produk aromaterapi. Oleh karena itu, strategi menggandeng aktor-aktor bereputasi dapat mengurangi ketidakpastian dan juga pastinya akan mempengaruhi power (dalam bentuk kebijakan) di pasar ini.