Perkembangan konsepsi CSR tumbuh dengan karakteristik relasi perusahaan
dengan masyarakat. Selama perkembangannya, bahwa asal-usul munculnya konsep serta
penerapan CSR perlu dipertanyakan, mengingat CSR memiliki cakupan pembahasan
yang cukup luas. Seiring dengan berkembangnya praktik bisnis, pembahasan tentang
CSR ikut mengalami pergeseran. Pergeseran tersebut menjadikan arah riset dan penelitian
ikut serta mengalami perubahan. Untuk melihat perubahan yang terjadi, maka dibutuhkan
pemetaan penelitian. Pemetaan penelitian dilakukan guna melihat perkembangan sebuah
isu ataupun kecenderungan penelitian yang diangkat pada rentang waktu tertentu. Maka,
tujuan dari penelitian ini yaitu untuk memetakan penelitian bertemakan CSR tahun 2013
hingga 2020 serta memetakan penerapan CSR yang dilakukan oleh perusahaan
berdasarkan penelitian tesis pada tahun 2013 hingga 2020. Metode yang digunakan dalam
penelitian ini, menggunakan pendekatan kualitatif dengan model analisis isi. Dalam
melakukan analisis isi, peneliti fokus kepada konsep CSR, pendekatan penelitian, topik
penelitian dan juga penerapan CSR. Selain itu, konsep yang menjadi penunjang dalam
penelitian ini ialah konsep CSR yang diapaparkan oleh Carroll (1991) yaitu dimensi CSR,
ISO 26000, dan model-model penerapan CSR yang dipaparkan oleh Kotler dan Lee (2005). Hasil dari pemetaan penelitian-penelitian tesis mahasiswa telihat kecenderungan konsep CSR yang digunakan adalah konsep yang berkaitan dengan stakeholders dan sustainability. Adapun kecenderungan pendekatan penelitian yang digunakan ialah
pendekatan kualitatif. Untuk topik penelitian yang ditemukan pada penelitian-penelitian
yang dikaji didominasi oleh topik tentang Community involvement dan development.
Sedangkan untuk model penerapan CSR yang digunakan oleh perusahaan dalam penelitian ini adalah model cause promotion dan model socially responsible business practice.
Deskripsi Lengkap