Penelitian ini membahas tentang pemaknaan pengguna media sosial saat menyaksikan iklan
naratif secara vertikal. Studi ini bertujuan untuk memahami pengalaman pengguna yang
memiliki latar belakang pada bidang periklanan dan kreatif dalam memahami pesan Film X
& Y di TikTok. Film pendek vertikal tersebut menjadi pengalaman baru dan unik karena
pada awalnya pengguna terbiasa menyaksikan video narasi melalui format horizontal.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara mendalam kepada
empat orang informan yang berusia 20-23 tahun. Studi ini menemukan bahwa pengguna
dapat mengelaborasi iklan naratif dari pesan implisit, orientasi gambar sinematik, kualitas
akting, latar musik, serta potensi film vertikal di masa depan. Studi selanjutnya dapat
menjelaskan pengguna media sosial yang mempunyai beragam latar belakang, minat, dan
rentang umur untuk melihat pemaknaan khalayak terhadap iklan naratif vertikal lebih luas.
Deskripsi Lengkap