Instagram digunakan sebagai alat pemasaran utama oleh bisnis merek pakaian saat ini.
Dari banyaknya merek yang menggunakan Instagram dan berbagai jenis konten
pemasaran yang diunggah, penelitian ini akan melihat apakah ada perbedaan pengaruh
dari konten tersebut terhadap kredibilitas informasi, kepercayaan konsumen, hingga
akhirnya berpengaruh terhadap minat beli konsumen pada produk merek streetwear lokal.
Penelitian ini merupakan replikasi dari penelitian Natanegara pada tahun 2021. Metode
pengambilan yang digunakan adalah eksperimen menggunakan stimuli yang disebarkan
melalui kuesioner digital kepada 120 partisipan yang dibagi ke dalam empat kelompok.
Teknik analisis data yang digunakan adalah MANOVA dan SEM. Konsep yang
digunakan dalam penelitian ini adalah visual aesthetic, presentation modality information
credibility, consumer trust dan purchase intention. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
tidak terdapat pengaruh perbedaan penggunaan visual aesthetics, namun ada perbedaan
pada presentation modality dalam memengaruhi konsep lainnya. Kredibilitas informasi
dan kepercayaan konsumen juga secara positif dan signifikan memengaruhi minat beli konsumen.
Deskripsi Lengkap