Strategi komunikasi dalam kampanye politik merupakan hal yang penting dilakukan oleh
para tokoh politik terutama dalam meningkatkan pengenalan dirinya kepada para
konstituen (pemilih). Adapun seperti Kegiatan kampanye politik yang dilakukan olehpara
tokoh politik pun menggunakan bermacam ? macam cara agar dapat menarik perhatian dari
konstituen salah satunya menggunakan baliho. Menjelang pesta demokrasi di Indonesia
terkait dengan pemilihan Presiden Indonesia 2024 dimana berbagai tokoh politik seperti
Puan Maharani, Airlangga Hartarto, Muhaimin Iskandar, dan Agus Harimurti Yudhoyono
mulai melakukan kampanye politik menggunakan media baliho dimana baliho adalah
sebuah bentuk media dalam kampanye politik yang sifatnya besar, tidak perlu mengakses
melalui perangkat digital, dan terpampang langsung di hadapan masyarakat. Penggunaan
baliho yang sifatnya menarik konstituen dari berbagai kalangan diperlukan kalimat ?
kalimat menarik dan juga komposisi dari muatan pesan baik yang sifatnya implisit maupun
eksplisit dalam baliho. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pesan ? pesan baik secara
verbal maupun non verbal eksplisit maupun implisit pada baliho empat kandidat tokoh
politik Puan Maharani, Airlangga Hartarto, Muhaimin Iskandar, dan Agus Harimurti
Yudhoyono. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan menggunakan
teknik analisa yaitu teknik analisis tekstual oleh Alan McKee. Hasil penelitian ini
memperlihatkan bahwa isi dari baliho tokoh politik calon kandidat pilpres 2024 yang
mengandung unsur tertentu. Rekomendasi yang diharapkan dalam penelitian ini bertujuan
untuk menggambarkan isi dari baliho tokoh politik menjelang pemilihan presiden 2024.
Deskripsi Lengkap