Saat ini, produk kecantikan di Indonesia semakin berkembang dan bertambah banyak. Dengan
adanya pertumbuhan tersebut, setiap brand kecantikan juga harus mampu menyajikan berbagai
macam ide yang out of the box, fresh, dan unik tetapi tetap sesuai dengan target pasar. Salah satu
cara yang kerap digunakan sejak dahulu sebagai strategi pemasaran adalah dengan menggunakan
brand ambassador baik dari kalangan selebriti maupun non-selebriti. Penggunaan brand
ambassador terbukti secara signifikan dapat membantu memengaruhi serta mengajak konsumen
untuk membeli ataupun menggunakan suatu produk. Media sosial sebagai salah satu media
penyampaian pesan juga berperan penting bagi brand untuk memberikan informasi-informasi
mengenai produk maupun jasa yang ditawarkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui dan mencari tahu korelasi hubungan yang terbentuk dari tiga variabel yakni brand
ambassador, brand credibility, dan brand equity baik secara langsung maupun tidak langsung.
Penelitian dilakukan pada produk kecantikan Somethinc yang saat ini sedang menggunakan
boyband asal Korea Selatan, NCT Dream, sebagai brand ambassador untuk membantu brand
dalam berkomunikasi dengan konsumennya. Pengujian dari penelitian ini dilakukan pada 400
responden yang hasilnya menunjukan bahwa brand ambassador memiliki hubungan signifikan
terhadap brand equity baik secara langsung dan tidak langsung. Akan tetapi, secara tidak langsung
melalui mediasi brand credibility nilai signifikan yang didapatkan lebih besar dan memberikan
hasil yang lebih baik dibandingkan secara langsung.
Deskripsi Lengkap