Employee engagement atau keterlibatan karyawan merupakan salah satu
persoalan yang sering dihadapi oleh perusahaan. Suatu perusahaan dapat mencapai
tujuan dan kesuksesannya, salah satunya karena kinerja karyawan. Maka dari itu,
perusahaan harus berupaya untuk dapat mempertahankan karyawannya agar tetap
loyal dengan membuat karyawan merasa terlibat. Dalam mencapai employee
engagement, terdapat beberapa factor yang diduga mempengaruhinya, yaitu internal
communication satisfaction, corporate culture, perceived organizational support, dan
employer branding. Penelitian ini meneliti mengenai bagaimana keterlibatan keempat
factor tersebut dalam mempengaruhi employee engagement. Penelitian ini merupakan
penelitian kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner secara online. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah convenience sampling dengan subjek
merupakan karyawan PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) yang berjumlah 266
responden. Hasil penelitian didapatkan bahwa hanya internal communication
satisfaction dan corporate culture yang berpengaruh positif signifikan terhadap
employee engagement sedangkan perceived organizational support dan employer
branding tidak berpengaruh terhadap employee engagement. Selain itu, pada uji
koefisien determinasi, keseluruhan variabel independen terbukti memiliki kontribusi
pengaruh terhadap variabel dependen sebesar 62,9%, sedangkan lainnya sebanyak
37,1% dipengaruhi faktor lain di luar variabel independen dalam penelitian ini.
Deskripsi Lengkap