Deskripsi Lengkap

PengarangDina Andriani
JudulPengaruh Konten Naratif di Media Sosial terhadap Niat Menjadi Pengguna Layanan Telemedisin Online di Indonesia
Pembimbing/SupervisorDr. Dorien Kartikawangi, M.Si
Bahasa UtamaInd
AbstrakSejak pandemi COVID-19, layanan telemedisin di Indonesia semakin marak digunakan. Untuk semakin meningkatkan penjualan, para penyedia layanan telemedisin turut melakukan aktivitas komunikasi pemasaran di dunia digital, tak terkecuali di Instagram. Penelitian ini bermaksud untuk meneliti pengaruh konten yang diunggah di Instagram Alodokter sebagai salah satu penyedia layanan telemedisin di Indonesia terhadap niat pengikutnya menjadi pengguna, menggunakan dua konsep kunci dari Paradigma Naratif Walter Fisher (1984), yakni Koherensi Naratif dan Kesetiaan Naratif. Analisis faktor menunjukkan temuan baru, yakni pengelompokkan lima variabel yang berbeda dari Paradigma Naratif Walter Fisher: Hasil & Konsekuesi dari Konsumsi Narasi, Kualitas Narasi & Nilai yang Terkandung, Relevansi Narasi, Karakter dalam Narasi, serta Kesesuaian dengan Narasi Serupa. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh antara hasil & konsekuesi dari konsumsi narasi, kualitas narasi & nilai yang terkandung, karakter dalam narasi, serta kesesuaian dengan narasi yang serupa konten Instagram Alodokter terhadap niat pengikutnya menjadi pengguna aplikasi Alodokter, sementara relevansi narasi ditemukan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap munculnya niat menjadi pengguna.
Kode BahasaInd
Jenis BahanTesis
Catatan Umum
No. Induk0127-2021/ETS-Kom
No. Barkod0127-2021/ETS-Kom
Tahun2021
Kota TerbitDepok
Kata KunciTelemedicine, Instagram, content, intention to be user, Narrative Paradigm
SubjekTelemedisin, Instagram, konten, niat menjadi pengguna, Paradigma Naratif
Catatan Bibliografi
Tahun Buka Akses
Penerbit
PemilikJKUNINDFISIPUI
Pembatasan Akses
LokasiFakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Catatan Disertasi
Deskripsi Fisik
Sumber KoleksiMahasiswa
Akses dan Lokasi ElektronikMiriam Budiardjo Resource Center
Catatan Bahasa
No. Panggil0127-2021/ETS-Kom Din p
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
0127-2021/ETS-Kom Din p 0127-2021/ETS-Kom TERSEDIA
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 79505
Sampul
Abstrak
Sejak pandemi COVID-19, layanan telemedisin di Indonesia semakin marak digunakan. Untuk semakin meningkatkan penjualan, para penyedia layanan telemedisin turut melakukan aktivitas komunikasi pemasaran di dunia digital, tak terkecuali di Instagram. Penelitian ini bermaksud untuk meneliti pengaruh konten yang diunggah di Instagram Alodokter sebagai salah satu penyedia layanan telemedisin di Indonesia terhadap niat pengikutnya menjadi pengguna, menggunakan dua konsep kunci dari Paradigma Naratif Walter Fisher (1984), yakni Koherensi Naratif dan Kesetiaan Naratif. Analisis faktor menunjukkan temuan baru, yakni pengelompokkan lima variabel yang berbeda dari Paradigma Naratif Walter Fisher: Hasil & Konsekuesi dari Konsumsi Narasi, Kualitas Narasi & Nilai yang Terkandung, Relevansi Narasi, Karakter dalam Narasi, serta Kesesuaian dengan Narasi Serupa. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh antara hasil & konsekuesi dari konsumsi narasi, kualitas narasi & nilai yang terkandung, karakter dalam narasi, serta kesesuaian dengan narasi yang serupa konten Instagram Alodokter terhadap niat pengikutnya menjadi pengguna aplikasi Alodokter, sementara relevansi narasi ditemukan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap munculnya niat menjadi pengguna.