Perkembangan teknologi yang saat ini sangat pesat mampu membuat manusia saling
terhubung satu sama lain dengan jarak yang cukup jauh menggunakan jaringan internet.
Salah satunya dengan media sosial. Hal itu kemudian membuat para pelaku bisnis untuk
menggunakan media sosial sebagai alat untuk memasarkan produknya sesuai dengan target
pasarnya. Namun demikian, tidak banyak dari para pelaku bisnis tersebut yang berhasil
dalam memasarkan produknya. Penelitian ini kemudian melihat bagaimana salah satu
media sosial, yaitu Instagram berhasil digunakan dalam memasarkan sebuah produk. Salah
satu Instagram yang banyak diikuti oleh penggunanya adalah @bpjs.ketenagakerjaan. Akun
Instagram @bpjs.ketenagakerjaan merupakan akun Instagram resmi Badap Penyelenggara
Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJS Ketenagakerjaan). BPJS Ketenagakerjaan
merupakan Badan Penyelenggara milik pemerintah yang bergerak di bidang ekonomi dan
asuransi, yaitu memberikan perlindungan kepada seluruh pekerja Indonesia. Penelitian ini
dilakukan dengan melihat pengaruh antara aktivitas social media marketing terhadap brand
trust, brand equity, dan brand loyalty yang dibangun oleh BPJS Ketenagakerjaan melalui
akun Instagramnya. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dengan
membagikan kuesioner kepada 597 pengikut akun Instagram @bpjs.ketenagakerjaan. Hasil
dalam penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang positif dari aktifitas Social Media
Marketing terhadap Brand Trust, Brand Equity, dan Brand Loyalty. Penelitian ini
diharapkan mampu menjadi bahan pertimbangan bagi para pelaku usaha untuk bisa
menciptakan brand trust, brand equity, dan brand loyalty melalui media sosial.
Deskripsi Lengkap