Deskripsi Lengkap

Tesis
No. Panggil 0133-2021/ETS-Kom Fes h
Judul Hubungan Jenis Motivasi dan Tingkat Public Engagement Terhadap Persepsi Kualitas Hubungan Pemerintah-Publik pada Media Sosial Lembaga Negara (Studi pada Akun Instagram Komisi Yudisial @komisiyudisialri)
Pengarang Festy Rahma Hidayati
Penerbit dan Distribusi 2021
Subjek organization-public relationships, public engagement, motivasi penggunaan media sosial, media sosial pemerintah
Kata Kunci organization-public relationsips, public engagement, types of motivation, government social media.
Lokasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
0133-2021/ETS-Kom Fes h 0133-2021/ETS-Kom TERSEDIA
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 79511
Sampul
Abstrak
Karakteristik media sosial yang bersifat interaktif, pribadi, dan komunal memungkinkan terciptanya keterlibatan publik yang mendukung hubungan yang berkualitas. Persepsi publik terkait organization-public relationships (OPR) menjadi tujuan utama dari public relationship yang efektif dan sebagai konsekuensi penting dari public engagement. Penelitian ini juga mengidentifikasi faktor pendorong yang menjadi motivasi individu menggunakan media sosial pemerintah dan keterlibatan publik terhadap persepsi publik terkait kualitas hubungan antara pemerintah dan publik di media sosial pemerintah. Tesis ini bertujuan untuk mengetahui hubungan jenis motivasi dan public engagement terhadap persepsi kualitas hubungan pemerintah dan publik di media sosial Instagram @komisiyudisialri. Dengan menggunakan pendekatan kuantitaif dan metode survei terhadap pengikut Instagram @komisiyudisialri, penelitian ini menemukan bahwa terdapat hubungan antara jenis motivasi dan public engagement terhadap persepsi kualitas hubungan pemerintah dan publik di media sosial pemerintah. Di antara semua faktor pendorong, maka faktor informasi tampaknya menjadi alasan utama keterlibatan publik dan pembentuk persepsi kualitas hubungan pemerintah dan publik. Penelitian ini juga telah mengidentifikasi perilaku keterlibatan media sosial sebagai konstruksi multidimensi, berdasarkan tipologi hierarkis tiga tingkat, yaitu consuming, contributing, dan creating. Meski harus diakui bahwa tingkat keterlibatan menengah (contributing) hingga tertinggi (creating) belum sepenuhnya dapat optimalkan oleh pemerintah karena pengguna lebih memilih untuk bertindak pasif (consuming). Mengingat bahwa lembaga pemerintah mulai mencoba menggunakan media sosial dengan optimal, maka penelitian ini memberikan wawasan tentang faktor-faktor kunci keberhasilan. Selanjutnya, penelitian ini berkontribusi pada teori dengan menerapkan dan memperluas keberadaan media sosial untuk membentuk dan memelihara hubungan pemerintah dan publik yang positif dan berkelanjutan.