Deskripsi Lengkap

Tesis
No. Panggil 0135-2021/ETS-Kom Irv k
Judul Konstruksi Sosial Teknologi dari Pengalaman Belanja Generasi X terhadap Cara Belanja Baru Melalui Omnichannel
Pengarang Irvan Permana
Penerbit dan Distribusi 2021
Subjek Omnichannel, Generasi X, Social Construction of Technology,
Pengalaman Belanja Daring, Pengalaman Belanja Luring
Kata Kunci Generation X, Social Construction of Technology, Online Shopping Experience, Offline Shopping Experience
Lokasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
0135-2021/ETS-Kom Irv k 0135-2021/ETS-Kom TERSEDIA
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 79513
Sampul
Abstrak
Omnichannel merupakan cara belanja baru yang menggabungkan pengalaman belanja secara daring dan luring yang akan memberikan pengalaman belanja yang terjadi secara menyeluruh dan tidak terputus (seamless shopping experiences). Berdasarkan riset omnichannel yang dilakukan oleh YouGov di tahun 2021, 83% masyarakat Indonesia sudah melakukan belanja baik secara daring ataupun luring, termasuk juga generasi X. Sebagai cara belanja baru, omnichannel memerlukan proses adaptasi dari konsumen terhadap teknologi yang dipakai dalam berbelanja yaitu internet, telepon pintar dan media sosial yang akan dipakai untuk menciptakan pengalaman belanja yang utuh. Teori Social Construction of Technology (SCoT) dipergunakan untuk mengetahui bagaimana konstruksi sosial teknologi yang terjadi dari pengalaman belanja daring dan luring yang sudah dilakukan oleh generasi X terhadap penerimaan mereka kepada omnichannel sebagai cara belanja baru. Penelitian dilakukan dengan metode analisa fenomenologi intepretatif (interpretative phenomenological analysis) melalui wawancara terhadap generasi X. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa generasi X sebagai relevant social group mencari keuntungan terbaik dari belanja daring dan luring, terbentuknya interpretive flexibility terhadap pemanfaatan teknologi dalam belanja, terdapat perbedaan dalam hal closure terhadap atribut omnichannel, dan terjadinya stabilization dalam penerimaan terhadap omnichannel sebagai cara belanja baru.