Pertumbuhan teknologi dan dampak penetrasi digital membuat masyarakat
beralih dari layanan televisi tradisional ke layanan subscription video on demand
(S-VOD). Dengan semakin ramainya pasar S-VOD dengan banyaknya merek S-
VOD, merek-merek tersebut ditantang untuk menggunakan pendekatan pemasaran
yang berbeda untuk memenangkan pangsa pasar. Salah satu pendekatan pemasaran
yang paling populer adalah pemasaran digital, dan media sosial adalah bagian
darinya. Penggunaan media sosial sebagai alat pemasaran saat ini sedang menjadi
tren di kalangan brand. Tujuan pemasaran media sosial adalah untuk mendapatkan
user engagement yang tinggi. Untuk menciptakan user engagement digunakan
beberapa pendekatan, salah satunya adalah dengan menyampaikan karakteristik
pesan untuk berkomunikasi dengan pengguna. Tidak hanya karakteristik pesan
umum yang perlu ditentukan dalam kampanye, tetapi karakteristik pesan rinci yang
spesifik juga penting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik pesan
apa yang memiliki pengaruh besar dalam membentuk keterlibatan pengguna di
media sosial. Penelitian ini dilakukan pada akun Instagram Netflix Indonesia dan
Disney+ Hotstar Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif
dengan metode analisis isi. Studi ini menemukan bahwa tidak semua jenis
karakteristik pesan menciptakan dampak atau pengaruh pada keterlibatan
pengguna.
Deskripsi Lengkap