Corporate branding merupakan identitas yang dibangun sebagai nilai pembeda yang
disampaikan oleh perusahaan. Corporate Branding yang baik mampu membentuk nilai
reputasi, sehingga mampu meningkatkan daya jual dari perusahaan tersebut. Selain itu,
dalam membangun corporate branding juga diperlukan strategi di dalamnya. Di sisi
lain, Corporate Branding merupakan hal yang seringkali dilupakan bagi Badan Usaha
Milik Negara, karena sifatnya yang mengekor keadaan pemerintahan. Oleh karena itu,
hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi BUMN. Penelitian ini menetapkan PT Adhi
Karya (Persero) Tbk. sebagai objek penelitian dan bertujuan untuk mendeskripsikan
corporate branding yang dibangun selama beberapa era melalui strategi yang dipilih.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dengan metode kualitatif analisis isi.
Penelitian ini memberikan penjelasan bagaimana corporate branding suatu BUMN
dibentuk di tiap masa pemerintahan yang dilalui. Hasil yang didapat, menunjukkan
bahwa corporate branding BUMN selalu berubah mengikuti keadaan pemerintahan. Di
sisi lain, BUMN juga menerapkan strategi guna mempertahankan corporate branding
yang dimiliki. Dari hasil tersebut dapat dikatakan, penelitian ini mampu memberikan
referensi pembentukan corporate branding BUMN pada tiap era pemerintahan.
Deskripsi Lengkap