Kampanye merupakan rangkaian tindakan komunikasi terencana yang dilakukan
secara terus menerus dalam kurun waktu tertentu dan bertujuan menciptakan efek
tertentu, di antaranya berupa peningkatan pemahaman dan perubahan perilaku
khalayak. Tesis ini mendeskripsikan terpaan kampanye, aspek kognitif dan perilaku
pencegahan stunting. Penelitian ini dilatarbekalangi oleh kampanye mengenai
pencegahan stunting yang menjadi salah satu kampanye komunikasi kesehatan
prioritas pemerintah di era pemerintahan Presiden Joko Widodo. Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan dengan metode cross sectional
survey menggunakan alat bantu kuesioner kepada para orang tua yang mempunyai
anak berusia 0 ? 59 bulan (<5 tahun), tinggal di wilayah Jabodetabek (Jakarta,
Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi), pernah terpapar kampanye pencegahan
stunting di media mengenai pemberian gizi seimbang, ASI dan MPASI, serta
penerapan perilaku hidup bersih dan sehat. Hasil penelitian dianalisis secara
univariat. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa responden memperoleh
informasi mengenai pencegahan stunting dari 1 ? 2 media dengan Instagram
menjadi media di mana responden paling sering memperoleh pesan atau informasi
mengenai pencegahan stunting. Terpaan kampanye juga berpotensi merangsang
percakapan di antara anggota masyarakat mengenai pesan kampanye tersebut.
Deskripsi Lengkap