Tesis ini membahas tentang studi ekonomi politik komunikasi pada struktur industri Over
The Top Video Streaming yang dilakukan oleh perusahaan Walt Disney. Disney sebagai
korporasi media lama harus melakukan proses reorganisasi dan restrukturisasi yang dalam
studi ekonomi politik disebut sebagai proses spasialisasi. Proses spasialisasi merupakan
respon atas perkembangan internet yang memunculkan struktur industri baru dalam industri
media dan distribusi aliran komunikasi. Lebih jauh, riset ini akan melihat bagaimana perilaku
spasialisasi Disney mempengaruhi penetrasi modal khususnya Indonesia sebagai pasar utama
berkaitan dengan konsumsi konten media. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan
jenis penelitian eksplanatif berbasis studi dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
Disney secara sistematis menerapkan strategi reorganisasi dalam bentuk pembelian aset
produksi dan perusahaan teknologi sebagai basis produksi untuk struktur industri OTT.
Disney membentuk Disney+ sebagai produk utama SVOD pasca proses reorganisasi selesai.
Disney juga meletakkan proxy di wilayah Asia melalui Star India sebagai basis dari
operasional dan penetrasi produk Disney+ di wilayah Asia. Secara aktif Disney melakukan
penetrasi modal ke Indonesia melalui kerjasama dengan agensi negara, memanfaatkan
kekosongan regulasi serta melakukan investasi dalam hal produksi konten.
Deskripsi Lengkap