Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah melahirkan media baru
yang memudahkan dalam berkomunikasi. Kehadiran internet mengakibatkan
informasi dapat menyebar dengan sangat cepat. Keberadaan media sosial juga kini
menjadi pilihan dalam menyampaikan informasi. Hal ini berlaku tidak hanya bagi
perusahaan swasta namun juga bagi lembaga pemerintah. Media sosial saat ini
juga dipilih oleh lembaga pemerintahan sebagai sarana untuk berkomunikasi
dengan publiknya. Penelitian ini mencoba meneliti mengenai pengaruh
penggunaan media sosial terhadap kepercayaan kepada lembaga pemerintah.
Media sosial yang diteliti adalah media sosial Instagram milik Kementerian
Perdagangan. Penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan
bersifat eksplanatif dengan mengambil sampel pengikut instagram @Kemendag.
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan kuesioner online untuk
mendapatkan data dari para responden. Structural Equation Modeling (SEM)
digunakan sebagai metode analisis data yang didapatkan dalam penelitian.
Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan media
sosial terhadap kepercayaan terhadap lembaga pemerintah melalui beberapa
faktor. Kepercayaan terhadap lembaga ternyata dipengaruhi oleh kepuasan,
transparansi, engagemen dan komunikasi di media sosial. Namun secara spesifik,
kepercayaan terhadap lembaga pemerintah ternyata tidak berpengaruh terhadap
kepercayaan kepada pemerintah secara keseluruhan.
Deskripsi Lengkap