Deskripsi Lengkap

Disertasi
No. Panggil 0009-2021/EDS-KOM Usm m
Judul Mediatisasi Populisme Islam Di Pilkada DKI 2017 Pendekatan Strukturasi
Pengarang Usman Kansong
Penerbit dan Distribusi 2021
Subjek Mediatisasi, strukturasi, agensi media, populisme Islam, tindakan sosial, perubahan sosial
Kata Kunci Mediatization, structuration, media agency, islamic populism, social action, social change
Lokasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
0009-2021/EDS-KOM Usm m 0009-2021/EDS-KOM TERSEDIA
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 79533
Sampul
Abstrak
Penelitian ini menginvestigasi mediatisasi populisme Islam di Pilkada DKI 2017. Menggunakan teori mediatisasi politik dengan pendekatan strukturasi, penelitian ini menelusuri bagaimana agensi media melakukan tindakan sosial memediatisasi populisme Islam di Pilkada DKI dalam struktur mediatisasi hingga menciptakan perubahan sosial tertentu. Melalui analisis wacana kritis ditemukan agensi media memediatisasi populisme Islam di Pilkada DKI dalam tiga tipologi, yakni propulis Islam, status quo terhadap populisme Islam, dan antipopulisme Islam. Dengan pendekatan strukturasi ditemukan ketiga tipologi tindakan mediatisasi populisme Islam menghasilkan perubahan sosial berupa peneguhan polarisasi sosial. Secara lebih komprehensif, melalui pendekatan strukturasi ditemukan agensi media dengan menggunakan rules logika politik dan logika komersialisme serta source kebebasan pers, agensi media bertindak melegitimasi, membiarkan, dan mendelegitimasi populisme Islam hingga menghasilkan perubahan sosial berupa peneguhan polarisasi sosial.