Skripsi ini membahas pelaksanaan kebijakan kunjungan di LPKA Kelas I Tangerang yang
mengalami perubahan karena pandemi virus COVID-19. Adanya larangan untuk berkerumun
dan menjaga jarak menyebabkan pelaksanaan kegiatan kunjungan di LPKA Kelas I
Tangerang berubah menjadi virtual. Penelitian ini membahas pelaksanaan kegiatan
kunjungan virtual sebagai pemenuhan hak anak binaan atas kunjungan, serta meneliti
kemampuan kunjungan virtual dalam menyalurkan dukungan sosial dari orang tua kepada
anak-anaknya. Selain itu, penelitian ini menggunakan Social Support Theory dari Cullen
(1994) untuk melihat dampak dukungan sosial yang diberikan oleh keluarga terhadap anak
binaan di LPKA Kelas I Tangerang dengan mewawancara anak-anak binaan di sana. Hasil
menunjukkan bahwa LPKA Kelas I Tangerang mampu memenuhi hak anak binaan atas
kunjungan, tetapi pelaksanaan dan kebijakannya sendiri masih belum optimal dalam
mengutamakan kepentingan terbaik anak. Anak-anak binaan belum dapat menerima atau
merasakan dukungan expressive dari orang tuanya dan terdapat beberapa kendala yang
dihadapi dalam pelaksanaan kegiatan kunjungan virtual itu sendiri. Selain itu, anak-anak
binaan di LPKA Kelas I Tangerang lebih mengharapkan kegiatan kunjungan tatap muka
segera dilaksanakan. Meskipun demikian, anak-anak binaan di LPKA Kelas I Tangerang
tetap mengapresiasi kegiatan kunjungan virtual yang mungkin dapat
Deskripsi Lengkap