Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna simbolis pada merchandise
dari grup K-Pop iKON yang mewujudkan imaji akan kedekatan antara penggemar dengan
idolanya. Studi-studi terdahulu terkait pembahasan merchandise dan penggemar K-Pop
cenderung membahas fenomena perilaku konsumtif dari penggemar K-Pop dalam
mengonsumsi merchandise K-Pop. Untuk mengembangkan studi-studi terdahulu, studi
ini ingin mengupas bagaimana merchandise sebagai komoditas industri budaya populer,
mewujudkan dan merepresentasi imaji akan kedekatan hubungan antara idola dan
penggemar. Penelitian ini menggunakan teori konsumerisme, mengenai perspektif
consuming dreams, images, and pleasure untuk melihat bagaimana merchandise sebagai
objek kultural memfasilitasi imaji tentang kedekatan dengan idola. Adapun Tujuan dari
konsumsi barang cenderung berorientasi pada pemenuhan hasrat, maka seni sebagai
perwujudan dari image consumption memiliki nilai ekonomi tertentu dalam memberikan
kesenangan dan kepuasan emosional yang menjadikan konsumsi sebagai konsumsi
simbolis. Peneliti berargumen bahwa merchandise hadir sebagai representasi imaji untuk
kedekatan hubungan idola dan penggemar melalui konsumsi merchandise yang terjadi
secara berkelanjutan. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui metode kualitatif
dengan melakukan studi pustaka, dan wawancara mendalam dengan penggemar K-Pop
iKON atau iKONIC yang mengoleksi merchandise K-Pop iKON. Temuan dari penelitian
ini adalah imaji kedekatan antara penggemar dan idola terjadi melalui perantara
merchandise yang dikonsumsi melalui berbagai simbol serta tanda seperti logo, dan
visual wajah yang identik dengan grup K-Pop iKON melalui proses pemaknaan terhadap
merchandise yang ditelusuri menggunakan interaksi simbolis, makna simbolis, serta nilai
subjektif penggemar.
Deskripsi Lengkap