Riset evaluasi ini bertujuan untuk menganalisis dampak program Pendidikan Kesetaraan
dalam mewujudkan social well-being peserta didik. Literatur terkait topik ini masih belum
mengangkat sisi perubahan social well-being peserta didik, padahal aspek ini dapat menjadi
perhatian utama yang digunakan untuk melihat bagaimana pengaruh program bagi penerima
manfaat. Evaluasi ini dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan teknik wawancara
mendalam dan observasi. Kerangka analisis CIPP (Context, Input, Process, Product)
digunakan untuk menilai implementasi dan dampak program, analisis SWOT untuk melihat
aspek tata kelola program, serta analisis dampak dengan fokus pada parameter social well-
being (Personal, Relational, Societal). Hasil evaluasi menunjukkan bahwa implementasi
program berdampak cukup baik pada social well-being peserta, terutama pada aspek
personal. Program mampu meningkatkan kepuasan hidup peserta, meningkatkan kapabilitas
interaksi, serta meningkatkan kepercayaan mereka terhadap institusi yang ada di masyarakat.
Lebih lanjut, hasil evaluasi CIPP memperlihatkan bahwa dimensi context dan process lebih
menonjol dibandingkan dua dimensi lainnya. Dari sisi tata kelola, keterbatasan dana dan
kurangnya SDM tutor masih menjadi kelemahan utama. Hal ini kemudian berpengaruh
terhadap implementasi program yang diselenggarakan. Program Pendidikan Kesetaraan
terlihat masih fokus pada target output dan kurang memperhatikan outcome atau dampaknya.
Sehingga, evaluasi program serupa perlu menaruh perhatian pada dua dimensi tersebut.
Deskripsi Lengkap