Saat ini media sosial menjadi alat penting yang digunakan untuk mengembangkan banyak
bisnis. Salah satu dari bentuk penggunaan Instagram untuk bisnis adalah aktivitas
endorsement. Jika sebelumnya promosi hanya dapat dilakukan melalui media
konvensional, sekarang pemilik bisnis dapat melakukan promosi melalui endorsement
influencer Instagram. Endorsement merupakan suatu bentuk iklan yang menggunakan
figur terkenal atau influencer untuk mendapatkan pengakuan dan kepercayaan di antara
audiens. Studi-studi terdahulu menunjukkan endorsement meningkatan perilaku
konsumtif di era digital karena adanya public trust terhadap review influencer tersebut.
Peneliti setuju bahwa terdapat korelasi positif antara endorsement influencer dengan
perilaku belanja online. Tetapi belum terdapat penelitian yang benar-benar menjelaskan
alasan endorsement dapat meningkatkan perilaku belanja online. Oleh karena itu,
penelitian ini bertujuan menjelaskan lebih dalam bagaimana trust audiens pada
endorsement berperan dalam menentukan keputusan belanja online. Selain itu, penelitian
ini juga menjelaskan modal kultural yang dimiliki seorang influencer dari sudut pandang
audiens. Teori yang digunakan adalah modal sosial menurut Bourdieu dan Nahapiet &
Ghoshal. Penelitian mengaplikasikan metode wawancara mendalam dengan Generasi Z
sebagai generasi digital natives pertama yang memfollow dan pernah membeli produk
endorsement influencer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa capital dari influencer
menjadi alasan mengapa audiens memutuskan untuk memfollow dan lebih mempercayai
review endorsement influencer.
Deskripsi Lengkap