Penelitian ini menginvestigasi penerapan metode sonic branding dalam kampanye Partai Amanat
Nasional (PAN) melalui jingle "PAN PAN PAN terdePAN? dalam konteks kampanye di media sosial
TikTok. Sonic branding merupakan strategi komunikasi yang memanfaatkan elemen suara untuk
membangun kesadaran brand dan ikatan emosional dengan audiens. Melalui pendekatan kualitatif,
penelitian ini menganalisis karakteristik jingle ?PAN PAN PAN terdePAN? berdasarkan lima elemen
jingle, yakni memorability, likability, meaningfulness, transferability, dan protectability sebagai
strategi kampanye public relations. Hasil temuan menunjukkan bahwa jingle ini berhasil menciptakan
pengalaman sonik yang mudah dikenali dan diingat dengan atmosfer positif. Berdasarkan hasil temuan
jingle ini berhasil meningkatkan exposure Partai PAN secara signifikan. Namun, dalam konteks
kampanye public relations masih perlu dilakukan analisis lebih dalam terkait dengan efek pada tahapan
afektif dan konatif
Deskripsi Lengkap