Deskripsi Lengkap

Skripsi
No. Panggil : 0084-2023/ESK-KOM Muh t
Judul : Transaksi mikro dan Hubungan KOL dengan Gamer
Pengarang : Muhammad Irfan Arsy
Strata :
Pembimbing : Keyza Pratama Widiatmika, M.Sc
Fakultas : Fisip
Tahun : 2023
Open/Membership :
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
0084-2023/ESK-KOM Muh t 0084-2023/ESK-KOM TERSEDIA
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 80589
Sampul
Abstrak
Artikel ini menjelaskan tentang praktik konsumen dan kebiasaan bermain permainan video anak muda Indonesia. Semakin banyak orang Indonesia yang mau menginvestasikan waktu mereka di komunitas permainan video, kira-kira lebih dari 40 juta orang sejak 2017. Indonesia juga memiliki penetrasi gamer online tertinggi kedua dengan 94.,3% pengguna internet yang mencengangkan, tepat di belakang Filipina. Industri game Indonesia juga mengalami apa yang disebut gamer sebagai metode ?Pay to Win? atau bayar untuk menang, di mana transaksi mikro tertanam dalam sebuah game, memungkinkan pemain untuk menggunakan uang dunia nyata untuk membeli mata uang dalam game. Transaksi mikro bukan pertanda baik bagi beberapa elemen komunitas game, terutama metode ?Pay to Win? dan kemungkinan kecanduan. Tulisan ini mengkaji hubungan antara sistem mikrotransaksi/loot box/gacha dan hubungan key opinion leaders atau KOL, yaitu YouTuber dengan peminatnya yaitu komunitas gamer. Artikel ini berpendapat bahwa hubungan antara gamer dengan KOL akan mempengaruhi keputusan para gamer dengan system monetisasi di dalam game yang termasuk loot box dan mekanik lainnya.