Tesis ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jenis endorser dan message appeal terhadap donation intention dari postingan Instagram organisasi nirlaba. Peneliti membandingkan dua jenis endorser (selebritas dan influencer) dan dua jenis message appeal (positive dan negative) terhadap donation intention. Peneliti juga menganalisis pengaruh mediasi dari kredibilitas endorser. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen menggunakan desain faktorial 2x2 terhadap 120 peserta yang termasuk ke dalam kelompok usia milenial. Temuan penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara positive dan negative appeal dalam mempengaruhi donation intention. Adapun, temuan dalam penelitian ini tidak menunjukkan adanya perbedaan pengaruh jenis endorser berbeda antara selebritas dan influencer terhadap donation intention. Selanjutnya, temuan penelitian juga tidak menunjukkan adanya pengaruh dari interaksi jenis endorser dan message appeal terhadap donation intention. Selain itu, temuan penelitian juga tidak menunjukkan adanya pengaruh mediasi dari kredibilitas endorser. Berdasarkan temuan penelitian tersebut, peneliti merekomendasikan organisasi nirlaba untuk berfokus pada strategi pengembangan pesan, bukan kepada pembawa pesan untuk meningkatkan keinginan berdonasi.
Deskripsi Lengkap