Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi kompetisi Tesla, Inc di pasar EV di Tiongkok Tiongkok pada periode 2017-2022 yang didasari oleh governance GVC bentuk modular. Konsep host country and MNC menjelaskan terkait aspek-aspek yang perlu dipertimbangkan oleh MNC dan host country sebelum ekspansi, seperti aspek hukum dan kebijakan yang berlaku. Teori governance of GVC menjelaskan lima bentuk governance atau struktur GVC yang didasari oleh kompleksitas rantai/spesifikasi produk, kemampuan membuat transaksi, dan kemampuan produsen. Konsep host country and MNC digunakan untuk analisis pertimbangan ekspansi Tesla, Inc ke Tiongkok, sedangkan teori governance of GVC digunakan untuk menganalisis strategi kompetisi Tesla, Inc di Tiongkok. Temuan dalam penelitian ini adalah pemerintah Tiongkok memfasilitasi ekspansi Tesla, Inc; governance GVC Tesla, Inc di Tiongkok berbentuk modular dan bergantung pada Gigafactory Shanghai; dan strategi kompetisi Tesla, Inc di Tiongkok ditentukan oleh governance GVCnya. Strategi kompetisi Tesla, Inc di Tiongkok adalah mengurangi kompleksitas produksi tanpa mengurangi spesifikasi EV dari Tesla, Inc; mengeluarkan produk baru dengan harga yang lebih murah; dan mencari turnkey supplier atau produsen lokal yang ahli.
Deskripsi Lengkap