Keterlibatan Selebritis dalam perpolitikan menjadi sebuah tren baru dalam perpolitikan Indonesia. Arzeti Bilbina yang sebelumnya seorang Model dan selebriti, pada Pemilihan Legislatif 2019, mencalonkan diri sebagai Anggota Legislatif dari partai PKB dan memenangkan kontestasi tersebut. Tentunya, keberhasilan Arzeti Bilbina dalam Pileg 2019 tidak terlepas dari teknik kampanye yang dilakukan dan pemanfaatan modal sosial untuk meraih suara masyarakat. Penelitian ini menggunakan Teori Kampanye Politik dan konsep modal sosial. Metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Dengan metode kualitatif yang dilakukan secara induktif, maka penelitian akan bergerak dari data yang ada di lapangan terlebih dahulu kemudian memakai sejumlah studi literatur untuk memperkaya hasil temuan. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa teknik emotional appeal memiliki signifikansi dibandingkan teknik lain dalam Pemilihan Legislatif 2019. Tidak hanya itu, Pemanfaatan modal sosial seperti jaringan, norma sosial dan kepercayaan (trust) yang dimiliki Arzeti Bilbina membantu dalam meraih suara yang dibutuhkan.
Deskripsi Lengkap