Kecamatan Karawaci memiliki jumlah kelurahan terbanyak dan menjadi salah satu wilayah dengan angka kemiskinan tertinggi di Kota Tangerang. Program Keluarga Harapan (PKH) menjadi program prioritas nasional yang pelaksanaannya dipercayakan pemerintah pada Kementerian Sosial sebagai upaya percepatan penanggulangan kemiskinan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pemasaran sosial pasca pandemi P2K2 bagi penerima PKH di Kecamatan Karawaci yang terdiri dari proses praktik sosial dalam P2K2, identifikasi target adopters, peran dan hambatan pendamping PKH dalam praktik sosial P2K2 untuk mendukung perubahan bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara mendalam, observasi dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan media yang digunakan oleh pendamping PKH saat praktik sosial berupa modul P2K2, tool kit seperti flipchart, poster, brosur, dan video dari Kementerian Sosial. Cara penyampaiannya menggunakan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan Ice breaking. Identifikasi target adopters dilakukan agar materi yang diberikan tepat sasaran, untuk memilih tempat dan lingkungan P2K2, serta mengelompokkan KPM berdasarkan kebutuhannya. Sedangkan peran yang dilakukan oleh pendamping yaitu peran educational, fasilitator, representative, dan teknis. Hambatan pendamping PKH dalam melakukan praktik sosial P2K2 yaitu perbedaan karakter KPM, belum ada panduan dan tolak ukur keberhasilan perubahan sosial pada KPM, materi P2K2 belum memiliki dampak yang signifikan untuk graduasi mandiri, jumlah dampingan tidak ideal, dan tingkat partisipasi KPM rendah.
Deskripsi Lengkap