Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas persepsi akan kesamaan (perceived similarity) dan kredibilitas sumber (source credibility) terhadap minat beli. Objek penelitian adalah penggunaan social media influencer pria yang mengiklankan produk kosmetik lokal Somethinc melalui Instagramnya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan kuesioner untuk pengumpulan data. Responden pada penilitian ini adalah pengikut akun Instagram @somethincofficial sebanyak 406 sampel. Teknik analisis data dilakukan dengan statistika deskriptif dan analisis jalur untuk membuktikan hipotesis-hipotesis dalam penelitian. Hasil penelitian membuktikan bahwa variabel persepsi akan kemiripan tidak efektif dalam memengaruhi variabel minat beli baik langsung maupun melalui keterlibatan variabel kredibilitas sumber. Sementara itu, variabel persepsi akan kemiripan secara langsung efektif memengaruhi variabel kredibilitas sumber. Variabel kredibilitas sumber juga efektif dalam memengaruhi terhadap minat beli secara langsung. Penelitian ini diharapkan dapat menambah literatur dalam komunikasi dan pemasaran perihal penggunaan social media influencer, serta membantu para pelaku komunikasi dan pemasaran khususnya bidang kosmetik dan kecantikan dalam menentukan strategi pemasarannya menggunakan social media influencer.
Deskripsi Lengkap