Deskripsi Lengkap

Tesis
No. Panggil TS-KOM 002/2023 Ali e
Judul Efektivitas Persepsi akan Kemiripan dan Kredibilitas Sumber Social Media Influencer Pria terhadap Minat Beli (Studi Pada Merek Somethinc)
Pengarang Alia Noor Fadliana
Penerbit dan Distribusi 2023
Subjek
Kata Kunci pemasaran media sosial, persepsi akan kemiripan, kredibilitas sumber, minat beli, influencer media sosial, analisis jalur
Lokasi Gedung MBRC Lantai 2
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
TS-KOM 002/2023 Ali e 2023-0002 TERSEDIA
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 81218
Sampul
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas persepsi akan kesamaan (perceived similarity) dan kredibilitas sumber (source credibility) terhadap minat beli. Objek penelitian adalah penggunaan social media influencer pria yang mengiklankan produk kosmetik lokal Somethinc melalui Instagramnya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan kuesioner untuk pengumpulan data. Responden pada penilitian ini adalah pengikut akun Instagram @somethincofficial sebanyak 406 sampel. Teknik analisis data dilakukan dengan statistika deskriptif dan analisis jalur untuk membuktikan hipotesis-hipotesis dalam penelitian. Hasil penelitian membuktikan bahwa variabel persepsi akan kemiripan tidak efektif dalam memengaruhi variabel minat beli baik langsung maupun melalui keterlibatan variabel kredibilitas sumber. Sementara itu, variabel persepsi akan kemiripan secara langsung efektif memengaruhi variabel kredibilitas sumber. Variabel kredibilitas sumber juga efektif dalam memengaruhi terhadap minat beli secara langsung. Penelitian ini diharapkan dapat menambah literatur dalam komunikasi dan pemasaran perihal penggunaan social media influencer, serta membantu para pelaku komunikasi dan pemasaran khususnya bidang kosmetik dan kecantikan dalam menentukan strategi pemasarannya menggunakan social media influencer.