Deskripsi Lengkap

Tesis
No. Panggil TS-KOM 005/2023 Ati p
Judul Pengaruh Subsidi Informasi Terhadap Agenda Media Pemberitaan Finansial Di Indonesia (Studi Intermedia Agenda Setting Terhadap Pemberitaan Initial Public Offering)
Pengarang Atika Nusya Puteri
Penerbit dan Distribusi 2023
Subjek
Kata Kunci Attribute Intermedia Agenda Setting, IPO, Analisis Isi
Lokasi Gedung MBRC Lantai 2
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
TS-KOM 005/2023 Ati p 2023-0005 TERSEDIA
File Digital
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 81221
Sampul
Abstrak
IPO merupakan aksi korporasi dimana perusahaan mengubah kepemilikan privat menjadi menjadi kepemilikan publik dengan mengeluarkan saham likuid yang kemudian diperdagangkan di pasar modal. Dalam konteks IPO, calon investor sangat bergantung pada informasi dalam membuat keputusan pembelian saham. Kebutuhan informasi finansial tersebut membantu calon investor dalam proses pengambilan keputusan yang rasional guna memberikan jaminan tertentu atas saham yang dibeli. Sehingga sirkulasi informasi keuangan yang bebas dan sehat dari perusahaan kepada publik melalui pemberitaan media menjadi sangat penting karena dapat memberdayakan investor untuk membuat keputusan investasi yang terinformasi. Penelitian ini berupaya untuk mengetahui apakah subsidi informasi perusahaan mengenai pelaksanaan IPO dapat mempengaruhi transfer atribut isu pada agenda media cetak, media daring maupun media sosial. Subsidi informasi yang mempengaruhi agenda media dapat dilihat dari kemunculan atribut dalam konten siaran pers dan prospektus singkat yang dipublikasikan oleh perusahaan pada dua periode proses tahapan IPO. Penelitian menggunakan metode analisis isi dalam mengkaji transfer atribut isu yang terjadi pada media subsidi informasi kepada media cetak, media daring dan media sosial serta menggunakan cross-lag analysis berupa Rozelle-Campbell Baseline dalam menganalisis atribut isu yang muncul pada dua periode tersebut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subsidi informasi yang disampaikan perusahaan memiliki hubungan korelasi yang signifikan dengan pemberitaan media cetak dan media daring bidang ekonomi dan bisnis di Indonesia. Meskipun demikian, dalam pengkajian berdasarkan rentang waktu, periode bookbuilding IPO yang menggunakan prospektus ringkas sebagai subsidi informasi dinilai tidak memiliki korelasi yang signifikan dengan pemberitaan media cetak dan media daring di periode yang sama. Sehingga arah pengaruh dalam intermedia agenda setting menunjukkan bahwa pemberitaan media cetak dan media daring memiliki pengaruh terhadap subsidi informasi.