Deskripsi Lengkap

Tesis
No. Panggil TS-KOM 0010/2023 Dan p
Judul Peranan Orientasi Pemasaran Politik dalam Proses Pemenangan Partai di Pemilihan Presiden: Studi Kasus Partai NasDem di Pilpres 2024
Pengarang Daniel Gilrandy Tirasbudi
Penerbit dan Distribusi 2023
Subjek
Kata Kunci Political Marketing; Comperhensive Political Marketing; Partai Politik
Lokasi Gedung MBRC Lantai 2
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
TS-KOM 0010/2023 Dan p 2023-0010 TERSEDIA
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 81226
Sampul
Abstrak
Pemasaran politik jadi salah satu bidang kajian di ilmu komunikasi yang terus berkembang. Selain di dorong oleh golongan akademik, kajian ini makin relevan seiring dengan implementasi dari berbagai konsep dan permodelan pemasaran politik di arena politik selama beberapa dekade terakhir. Salah satu model yang sudah cukup mapan dalam kajian pemasaran politik adalah Comperhensive Political Marketing/CPM yang secara spesifik membahas bagaimana pemasaran politik dilakukan oleh partai. Memandang bahwa partai politik memiliki orientasi yang berbeda-beda dalam menciptakan produk politik dan memasarkannya dalam pemilihan umum, model CPM ini menyediakan perspektif yang khas dalam melihat bagaimana partai politik mengatur strategi dan berperilaku dalam pemilu. Penelitian ini mencoba untuk melihat bagaimana strategi komunikasi sebuah partai dengan melakukan studi kasus terhadap Partai NasDem di Pilpres 2024 dengan mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai produk yang memiliki pasar baru/berbeda dengan pasar yang sebelumnya telah terbentuk. Hasil dari studi menunjukkan kesimpulan yang selaras dengan premis dari CPM, bahwa orientasi penjualan memiliki celah yang justru bisa membuat partai gagal dalam mendesain