Deskripsi Lengkap

Skripsi
No. Panggil : SK-KOM 008/2024 And e
Judul : Efek Penggunaan Scarcity Message pada Impulsive Buying Intention Penggemar K-Pop atas K-Pop Fan-Made Merchandise
Pengarang : Andi Shafaa Karina Panguriseng
Strata :
Pembimbing :
Fakultas : FISIP
Tahun : 2024
Open/Membership :
Ketersediaan
Nomor Panggil No. Barkod Ketersediaan
SK-KOM 008/2024 And e 2024-0008 TERSEDIA
File Digital
Ulasan Anggota
Tidak ada ulasan pada koleksi ini: 81593
Sampul
Abstrak
Berdasarkan riset yang pernah ada, scarcity message terbukti memiliki efek pada terjadinya impulsive buying behavior. Namun, penelitian ini membawa sebuah temuan baru berupa tidak adanya efek scarcity message pada impulsive buying intention penggemar K-Pop dalam fenomena menjamurnya K-Pop fan-made merchandise di Indonesia?sebuah fenomena yang masih sangat minim diteliti secara akademis. Penelitian ini dilakukan untuk mengisi gap besar akademis dengan mengeksplorasi perbedaan efek dari komunikasi pemasaran yang tidak menggunakan scarcity message, menggunakan limited time scarcity message (LTS) dan menggunakan limited quantity scarcity message (LQS) pada impulsive buying intention penggemar K-Pop atas K-Pop fan-made merchandise. Menggunakan metode eksperimen kuantitatif dengan tiga kelompok (kontrol, LTS, dan LQS), pengukuran dilakukan menggunakan skala Likert 1- 5 yang diadaptasi dari 9 skala pengukuran impulse buying oleh Rook & Fisher (1995). Data dianalisis menggunakan one-way ANOVA. Hasil analisis data penelitian ini menunjukkan bahwa dalam fenomena menjamurnya K-Pop fan-made merchandise di Indonesia, tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara tidak digunakannya scarcity message, digunakannya LTS message, dan digunakannya LQS message pada impulsive buying intention penggemar. Temuan ini mungkin disebabkan oleh faktor lain yang lebih dominan dalam consumer journey dan buying behavior penggemar K-Pop di Indonesia. Penelitian ini memberikan wawasan baru dalam aspek akademis dan praktis.