Pengalaman emosional Generasi Z (Gen Z) di Asia Pasifik saat menonton maraton di layanan Video-on-Demand
(VOD) dikaji dalam makalah ini. Dengan menggunakan penelitian dari Tiongkok, Malaysia, Thailand, India,
dan Indonesia, analisis ini menggabungkan hasil untuk memberikan gambaran komparatif mengenai variabel
emosional yang mempengaruhi perilaku menonton pesta. Hasilnya menunjukkan betapa rumitnya kepuasan
emosional yang didapat dari menonton maraton. Binge-watching menawarkan Gen Z pengalaman emosional
yang naik turun, memberikan pelarian sementara, koneksi, dan katarsis, tetapi juga membawa risiko kecanduan,
isolasi, dan mekanisme koping yang negatif. Dampak emosional ini dipengaruhi oleh desain platform VOD dan
konten program. Penelitian ini menyimpulkan dengan menyerukan praktik menonton yang bertanggung jawab
oleh Gen Z dan platform VOD untuk mempromosikan kebiasaan konsumsi yang dapat mendorong hubungan
yang seimbang antara binge-watching dan kesejahteraan emosional. Selain itu, penelitian selanjutnya disarankan
untuk mengeksplorasi konsekuensi jangka panjang dari binge-watching terhadap kesehatan mental dan
mengembangkan intervensi untuk mengurangi efek negatif.
Deskripsi Lengkap