Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis tingkat social media engagement dan faktor-faktor
penyebab tingkat social media engagement yang berbeda pada konten cross-posting Indomie Ramen
Series yang diunggah di Tiktok, Instagram, dan Facebook. Faktor-faktor perbedaan social media
engagement dianalisis berdasarkan jenis konten, jenis media konten, waktu posting, dan karakteristik
platform. Metode penelitian yang digunakan yaitu studi kasus dengan desain penelitian studi kasus
tunggal. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa konten cross-posting pada Tiktok, Instagram, dan
Facebook menghasilkan tingkat social media engagement yang berbeda-beda. Ditemukan terdapat
perbedaan pada faktor interaktivitas, di mana admin Instagram aktif membalas komentar pengguna,
sedangkan di Tiktok dan Facebook admin tidak terlihat menanggapi. Selain itu, ditemukan pula faktor
karakteristik platform menjadi faktor signifikan dalam perbedaan social media engagement. Indomie
perlu menciptakan konten yang relevan dengan karakteristik platform Instagram dan Facebook untuk
memaksimalkan social media engagement.
Deskripsi Lengkap